Yahudi, Sepuluh Suku Israel yang hilang, adakah di Indonesia!

Diposting oleh Israel pada 02:11, 24-Jan-13

Bangsa Yahudi merupakan bangsa yang kuat dan luar biasa. Mereka lebih kuat dari bangsa manapun, karena Tuhan sendirilah telah berkata bahwa tidak seorangpun yang dapat mengalahkan mereka bahkan jika semua bangsa bersatu untuk mengalahkan mereka. Mereka adalah bangsa pilihan, dan selalu unggul dari bangsa manapun. Terbukti bahwa dari kalangan Yahudi lahir ilmuwan-ilmuwan besar seperti, Albert Einstein, Karl Max, Issac Newton dan lain-lain bahkan peralatan yang kita gunakan sekarang adalah karya para kaum Yahudi.

Sejarah panjang kaum ini memang masih terus diperdebatkan dimana klaim mereka akan tanah air, suku, dan ras mereka, selalu menjadi kontroversi dunia. Mulai dari tanah air mereka yang telah berdiri, hingga pemulangan kembali suku Yahudi atau Israel yang tersebar diseluruh dunia, menjadi perdebatan. Saya sendiri bangga akan darah Yahudi yang mengalir dalam diri saya. Warisan Yahudi dari nenek saya Ruth Metuak, yang terus mengalir ke ibu hingga saya pun merasakan hal itu.

Di Indonesia sendiri keturunan Yahudi masih menyembunyikan identitas mereka, dan berbaur dengan agama lain, kebanyakan dari mereka memeluk kristiani. Mereka membuat komunitas kecil untuk menjaga tradisi mereka. Karena tinggal dinegara yang mayoritas Muslim sangatlah berbahaya. Teman saya, yang saya kenal di dunia maya yang juga saya kenal, namun mungkin ia tak mengenal saya. Ia berkata bahwa "jika pembuangan atau Diaspora dan pembantaian Holocaust tidak menghancurkan mereka di saat itu, apa yang dapat diperbuat orang pada mereka disaat ini". Ia sendiri seorang keturunan Yahudi, darah Yahudi yang mengalir dari Yahudi Belanda dan Yahudi Kaifeng. Dalam garis keturunan keluarganya ditemui marga Li, yang juga marga para pelancong Kaifeng yang tiba di Indonesia. Kakek buyutnya berasal dari Belanda bernama Ohel Joseph Cohen yang menikah dengan seorang wanita Yahudi dari Kaifeng bernama Yue Ying Li dengan nama Yahudi atau Ibraninya Roth Metuak. Nama teman saya ini Novfrengly Metuak, ia sendiri pernah berkata dalam sebuah forum bahwa ia bangga akan darah Yahudi yang mengalir dalam dirinya, namun ia tidak ingin disebut sebagai Yahudi hanya karena hal itu. Nenek saya juga seorang Yahudi, Ruth Metuak. Menurut marga, marga Metuak sendiri diambil dari moyang mereka seperti Metusail, Metuselah. Dengan demikian Metuak merupakan marga semit sama seperti marga Metuak yang lain yang sudah ada di Israel, Metuko yang memiliki kesamaan bunyi juga marga Yahudi Israel. Ucapan tahun baru dalam bahasa Ibrani juga memiliki kesamaan dengan marga tersebut yaitu shana tova u metuka. Ia merupakan anak kelahiran Talaud, atau suku Talaud. Talaud sendiri merupakan salah satu suku di Indonesia yang teridentifikasi sebagai salah satu dari sepuluh suku Israel yang hilang. Berdasar sumber wikipedia dan yakov.mywapblog.com, kebenaran tentang suku ini sebagai Israel itu nyata, terbukti dari segi bahasa suku ini memiliki kesamaan dengan Yahudi beserta tradisinya yang mulai menghilang. Kata Manna bagi suku Talaud berarti makan sedangkan bagi mayoritas Israel berarti makanan yang menopang mereka selama perjalanan di padang gurun. Dikatakan di yakov.mywapblog.com, bahwa ada sebuah tradisi permainan yang menggunakan simbol bintang Daud, yang juga merupakan simbol kenegaraan Yahudi Israel. Selain itu, dikatakan bahwa nama-nama moyang dan para orang tua suku ini memiliki nama-nama Yahudi seperti Abraham, Yakobus, Yohanes, Nikodemus, Salmon dan lain-lain. Menurut Yan Yakov Metuak dalam blognya para tetua dan suku ini meyakini akan kembalinya mereka ke Sion, tanah perjanjian. Bukti lain juga disebuah desa dikepulauan ini, terdapat sebuah Gereja yang bertuliskan Gereja Sion Tarohan, yang juga dapat anda lihat persatuannya di facebook, di desa ini juga terdapat sebuah Sekolah Dasar yang bertuliskan sama yaitu SDK Sion Tarohan. Benarkah suku Talaud, adalah Israel, jika benar, Indonesia akan kehilangan satu suku di utara perbatasan Filipina beserta keragamannya. Belum ada yang meneliti lebih lanjut, jika anda seorang yang tertarik untuk meneliti, marilah buktikan.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

46 tanggapan untuk "Yahudi, Sepuluh Suku Israel yang hilang, adakah di Indonesia!"

Eric Draven pada 06:36, 06-Mei-13

Jangan sombong kamu, sampai berikar bahwa walaupun semua bangsa bersatu, tidak ada yg bisa mengalahkan moyang kamu. Moyang kamu itu bakal takut kalau jumlah jamaah subuh umat Islam sama dengan jamaah sholat jum'at. Sementara ilmu-ilmu dari moyang kamu itu juga hasil rampasan dari orang islam, contohnya aja Aljabar, ilmu kedokteran. Dari dulu itu emang Yahudi belagu banget ya, Sombong sekali !!!!!!!

johhny pada 12:08, 10-Mei-13

jangan takut dengan komen-komen yang bnyak blagunya,mereka itu cmburu kpda bangsa ISRAEL krna bngsa ISRAEL adlah bngsa pilihan ALLAH

Anwar pada 17:13, 22-Jun-13

Hey Islam....!!!. Apa sih yang telah kalian berikan kepada dunia ?. Kalian hanya memberikan Teror. Kematian dan Kehancuran. Kalau agama kalian dari TUHAN, mana mungkin kalian sekarang ini terpuruk di dalam kebodohan dan kemiskinan. Kalian anti sama Yahudi tapi kalian memakai dan menikmati tekhnologi hasil penelitian para ilmuwan Yahudi. Intropeksi dirilah.

Buqhori pada 07:36, 23-Jun-13

Betul Anwar. Umat islam tu dari dulu sampe sekarang kaga pintar-pintar. Padahal uda sering di jelasin. Tetap aja yang di pake emosi. Padahal dari pagi sampe malam selalu memegang yang namanya Laptop. Cari informasi di Google dan cari pertemanan di situs jejaring sosial Facebook. Mereka gak sadar bahwa Google. Facebook dan teknologi informatika. Itu semua yang menemukan orang Yahudi.

A-an pada 12:46, 11-Jul-13

Apa ce yg kalian debatkan,kayak anak kecil aja...bangga dgn status kesukuan emang wajib hukumx karna hal itu mengalir dalam darah kita.tapi jikalau berlebihan,omong kosong itu namax.malu2in bangsa indonesia aja,....

As Borneo pada 16:21, 28-Jul-13

Yah...sah2 saja pendpt kta, tpi jgn pake emosi nanggapinnya, klo mau jujur suku dayak kalimantan jg kturunan yahudi, bnyk bukti yg mengarah k sna, suku dayak jg mngenal bintang daud dan salib yg sering disebut kam'mat lampinak

geer pada 01:27, 31-Jul-13

Mau islam maupun kristen....sama2 irang yahudi...mana ada ismail dan ishak orang arab ???? Jangan d bodohi...israel bangsa pilihan tuhan...itu rill...d israel juga ada orang islam jadi orang islam indonesia jangan banyak bicara tanpa tau yang seenarnya...d palestina juga ada orang kristen...Gb_israel

"HALAK BATAK" from YAHUDI pada 14:53, 05-Agu-13

haha ,, bergabungpun dunia meawan Israel gak kan musnah Yahudi di Dunia ini, contoh : Nazi mau bantai yahudi ,,sampe sekarang masih beserak orang yahudi di penjuru dinia,

suku batak keturunan yahudi , semua adat istiadat,agama awal batak sendiri , sifat keras , keturunan Raja , suara yang tinggi , filosopi , semua sama persis , tinggal mencari fakta tentang garis keturunan yang masih dicari tahu sampai sekarang.

allesandro pada 12:03, 24-Agu-13

Suku israel yang hilang adalah suku gad. Yang sekarang ini terdapat di maluku

Allesandro pada 12:06, 24-Agu-13

Geer@:jgn slah bicra donk....yang di sebut israel itu kan cma yakup
klo ismail sic bpak'a orang arab,orang edom.orang aram

coex pada 16:31, 03-Sep-13

Anjink mua pada gonggong mau turunan apapun kalu loe mua bejat ya neraka gitu aja repot pantes indo gak maju2 al,a yv ada cuma anjing rebutan tulang busuk

Jisrael pada 07:56, 07-Sep-13

Eric Draven@

Yaa... kasian kamu Ric di borong, ng biasa balas Hahahaa.... Intinya ng ada 1 bangsa pun di dunia ini yang bisa ngalahin Bangsa Israel.
Israel : Isra artinya Tentara, dan EL artinya Tuhan. yaa... Jelaslah Tentara Tuhan kok mau di lawan.Contoh Bukti nyata sampe sekarang aja Liga Arab ng bisa ngalahin Israel sampe sekarang padahal Israel cuman Negara kecil. Ric jangan asal bicara yhh kalau ng mw Malu... Goo Israel

Refin pada 02:00, 14-Sep-13

"prise the lord...../ sala sat suku israel yg hilang adlh suku naftali.. Dan tersebar di asia pasific yaitu rumpun malanesia , dan terdapt si papua.....///
buktinya aja ad pernah beberap pendeta yg perg ke jerusalem u/ membuktikn..." n pad saat pulang merek di beri bibit pohon zaitun merek berkat bahw jika ini poon bertumbuh pd saat kamu tanam berarti tanah mu tanahmu tela diberkat dn orang" yg mendiami nya adalh saudara kami / suku kami.....!
Pad saat ditanam diwamena pohonnya uda tumbuh subur, and daasyatnya pohonnya mengeluarkn 12 tunasnya, persis ama 12 suku israel..../
dengan demiki papua adalh sala sat suku israel yg pernah hilang yaitu suku naftali....!
Ammmennnn

grace pada 12:54, 11-Okt-13

Ooohh menarik sekali infonya. Tapi info mana yg paling valid n dah diteliti kebenarannya? Btw sesama keturunan yahudi apa bisa mengenali? Terlebih untuk suku israel yg hilang?

Domba Yahudi pada 03:48, 27-Okt-13

Yahudi cuma takut sama Islam

Iblis Yang Baik Hati pada 08:23, 16-Nov-13

Bangga boleh aja. tapi cukup dalam hati.
Saya juga keturunan israel, tapi saya tinggal di indonesia, juga warga negara indonesia. untuk saat ini kita harus mengabdi ke pemerintah kita. ada waktunya kita akan dipanggil dan berkumpul bersama sama di tanah yang dijanjikan tuhan, Itu adalah janji Tuhan kepada Abraham, Bapa Kita

Nyerocos pada 12:57, 27-Nov-13

Kalo semua ngaku2 orang Jahudi, jangan2 mau transmigrasi ke Israel sana,gawat ntar makin banyak copet di sono

hengky pada 07:26, 03-Des-13

segala bangsa menyerang israel, itulah akhir dari dunia dan kedatangan Yesus yang kedua kalinya...

nando henukh pada 04:08, 21-Des-13

Saya walaupun merindukan jerusalem, saya masih bangga dan berada di indonesia. Tapi jika Tuhan menginginkan saya dan keluargaku kembali ke jerusalem-israel krena sudah waktunya maka kami harus balik untuk penggenapan Firman dan nubuatan yg sudah tertulis di kitab.

ari pada 16:34, 31-Des-13

manusia sesat lu semua

anjing yahudi pada 16:38, 31-Des-13

“Telah dilaknati orang-orang kafir dari Bani Israel dengan lisan Daud dan Isa putra Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan mungkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu.” [Al-Maidah (5):78-79].

aning yahudi pada 16:39, 31-Des-13

“Dan Al-Qur’an yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu sungguh-sungguh akan menambah kedurhakaan dan kekafiran bagi kebanyakan di antara mereka” [al-Maidah (5):64].

anti yahudi pada 16:43, 31-Des-13


Hai Bani Israil, ingatlah akan ni`mat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu dan (ingatlah pula) bahwasanya Aku telah melebihkan kamu atas segala umat (Albaqoroh 2;47)

anti yahudi pada 16:45, 31-Des-13

“Orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang telah Kami beri Al-Kitab (Taurat dan Injil) mengenal Muhammad seperti mereka mengenal anak-anak mereka sendiri. Dan sesungguhnya sebahagian di antara mereka menyembunyikan kebenaran, padahal mereka mengetahui” [Al-Baqarah (2):146].

anti batak pada 16:50, 31-Des-13

ah batak anjing lu banyak bacot doang suara lu doang yg gede gw tu udah banyak kenal ama orang batak orang batak suka makan duit haram suka makan daging babi suka merkosa cewwe pokok suka maling persis kayak nenek moyangnya orang yahudi

anti yahudi pada 16:51, 31-Des-13

“Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al-Kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya: ‘Ini dari Allah’, (dengan maksud) untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan besarlah bagi mereka, akibat dari apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan besarlah bagi mereka, akibat dari apa yang mereka kerjakan” [Al-Baqarah (2):79].

anti yahudi pada 17:05, 31-Des-13

asal lu tau ya orang nasrani agamalu tu buatan orang yahudi orang yahudi yg nulis kitablu masak iya kitab suci ada ajaran porno nya dimana otaklu udah jelas itu porno masih juga dibilang firman tuhan kan ketawan banget begonya agama lu tu gk mementingkan tuhan dy lebih mementingkan duniawi coba lu buka kitab lu satu persatu ngaco semua isinya masak kitab dari tuhan bisa begitu lagian orang nasrani udah tau kitabnya ngaco tetap aja dipercaya asal lu tau yohanes paulus tu yg ngarang kitab lu sejujurnya w justru kasian banget ngeliat lu orang kristen kembalilah ke ajaran yg benar kekal lu dibakar api neraka ntar kalo lu gk percaya lu buka semua isi kitablu banyak yg ngaco dan berubah ubah seenaknya aja masak pendeta menjamin orang masuk surga mana ada judulnya manusia menjamin orang masuk surga buat apa tuhan yesus lu tu buat aja semaulu asalkan dijamin masuk surga w tu ada temen orang kristen dy cerita katanya boleh berbuat zina didalam agamnya apaan tu ketara banget palsunya emang manusia kalo udah buta hatinya gk bakalan bisa mencari kebenaran kalo lu gk suka boleh cari w bertobatlah lu wahai orang nasrani yg berada dalam kebodohan padahan otaknya jenius tapi kitab ngaco aja masih dipertahankan

anti yahudi pada 17:07, 31-Des-13

“Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan orang-orang yang mengatakan: ‘Sesungguhnya Allah miskin dan kami kaya’, Kami akan mencatat perkataan mereka itu” [ Ali Imran (3):181].

anti yahudi pada 17:08, 31-Des-13

“Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka berpegang kepada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia, dan mereka kembali mendapat kemurkaan dari Allah dan mereka diliputi kerendahan. Yang demikian itu karena mereka kafir kepada ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa alasan yang benar. Yang demikian itu disebabkan mereka durhaka dan melampaui batas” [Ali Imran (3):112].

Allah Swt berfirman lagi,yang bermaksud:

“Maka (Kami lakukan terhadap mereka beberapa tindakan), disebabkan mereka melanggar perjanjian itu dan karena kekafiran mereka terhadap keterangan-keterangan Allah dan mereka membunuh nabi-nabi tanpa (alasan) yang benar dan mengatakan: “Hati kami tertutup.” Bahkan, sebenarnya Allah telah mengunci mati hati mereka karena kekafirannya, karena itu mereka tidak beriman kecuali sebahagian kecil dari mereka” [An-Nisa’ (4):155].

anti yahudi pada 17:08, 31-Des-13

“Kemudian Musa kembali kepada kaumnya dengan marah dan bersedih hati. Berkata Musa: “Wahai kaumku, bukankah Tuhanmu telah menjanjikan kepadamu suatu janji yang baik? Maka apakah terasa lama masa yang berlalu itu bagimu atau kamu menghendaki agar kemurkaan dari Tuhanmu menimpamu, lalu kamu melanggar perjanjianmu denganku?” [Thaha (20):86].

Allah Swt berfirman lagi,yang bermaksud:

“Maka (Kami lakukan terhadap mereka beberapa tindakan), disebabkan mereka melanggar perjanjian itu, dan karena kekafiran mereka terhadap keterangan-keterangan Allah dan mereka membunuh nabi-nabi tanpa (alasan) yang benar dan mengatakan: “Hati kami tertutup.” Bahkan, sebenarnya Allah telah mengunci mati hati mereka karena kekafirannya, karena itu mereka tidak beriman kecuali sebahagian kecil dari mereka” [An-Nisa’ (4):155].

anti yahudi pada 17:09, 31-Des-13

“(Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, Kami laknat mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu” [ Al-Maidah (5):13].

Allah Swt berfirman lagi,yang bermaksut:

“Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras seperti batu, bahkan lebih keras lagi. Padahal di antara batu-batu itu sungguh ada yang mengalir sungai-sungai daripadanya dan di antaranya sungguh ada yang terbelah lalu keluarlah mata air daripadanya dan di antaranya sungguh ada yang meluncur jatuh, karena takut kepada Allah. Dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang kamu kerjakan”. [Al-Baqarah (2):74].

anti yahudi pada 17:09, 31-Des-13

Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik.” [ Al-Maidah (5):82].

anti yahudi pada 17:10, 31-Des-13

“Kamu melihat kebanyakan dari mereka tolong-menolong dengan orang-orang yang kafir (musyrik). Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka sediakan untuk diri mereka, iaitu kemurkaan Allah kepada mereka; dan mereka akan kekal dalam seksaan. Sekiranya mereka beriman kepada Allah, kepada Nabi (Musa) dan kepada apa yang diturunkan kepadanya (Nabi), nescaya mereka tidak akan mengambil orang-orang musyrikin itu menjadi penolong-penolong, tapi kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang fasik” [Al-Maidah (5):80-81].

anti yahudi pada 17:11, 31-Des-13

Telah dilaknati orang-orang kafir dari Bani Israel dengan lisan Daud dan Isa putra Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan mungkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu.” [Al-Maidah (5):78-79].

Dan mereka semakin durhaka sesudah al-Quran diturunkan. Allah SWT berfirman yang bermaksud:

“Dan Al-Qur’an yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu sungguh-sungguh akan menambah kedurhakaan dan kekafiran bagi kebanyakan di an

anti yahudi pada 17:11, 31-Des-13

“Dan sungguh kamu akan mendapati mereka, manusia yang paling tamak kepada kehidupan (di dunia), bahkan (lebih tamak lagi) dari orang-orang musyrik. Masing-masing mereka ingin agar diberi umur seribu tahun, padahal umur panjang itu sekali-kali tidak akan menjauhkannya dari seksa” [Al-Baqarah (2):96].

anti yahudi pada 17:12, 31-Des-13

Orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang telah Kami beri Al-Kitab (Taurat dan Injil) mengenal Muhammad seperti mereka mengenal anak-anak mereka sendiri. Dan sesungguhnya sebahagian di antara mereka menyembunyikan kebenaran, padahal mereka mengetahui” [Al-Baqarah (2):146].

anti yahudi pada 17:13, 31-Des-13

“Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka” [Al-Baqarah (2):120].

Anti Zionis pada 04:22, 30-Jan-14

Hidup Hitler!!!
Sebaiknya para Yahudi sekarang, pelajari masa lalu dengan JUJUR.
Khususny sejarah sejak menyebrangi laut merah hingga zaman Daud/david.
sekali lagi, pelajari masa lalu dengan JUJUR!!!
bahkan Tuhan bagi Islam dan Nasrani, sangat perlu menurunkan ISA/Yesus dari kalangan sendiri, agar mengembalikan umat pilihannya ke jalan yang benar. sayangnya, ada Judas disana, dan anak keturunan Judas lari ke Polandia serta sebagian negara eropa lainnya.
Hayo, coba, buka mata. pelajari masa lalu dengan JUJUR.

DAYAK... pada 09:29, 17-Peb-14

SAYA TIDAK PEDULI APA SAYA KETURUNAN SUKU ISRAEL ATAU BUKAN... TAPI SAYA SANGAT YAKIN ALKITAB ADALAH INDUK DARI KITAB AGAMA...AL-QURAN YANG SANJUNG KAUM ISLAM CUMA NGAKU-NGAKU AJA KITAB DARI ALLAH, BENAR JUGA aloh nya kaabah... banyak kitipan dalam alquran berasal dari Alkitab....alquran sendiri menyebut alquran induknya dari Alkitab, jadi orang Israel yang hebat...

israel west papua black pada 18:34, 18-Peb-14

apakah yahudi itu mcm manusia tipe apa?
yahudi macam warna ras dunia.itulah karya Tuhan. west Yahudi Papua barat,no indonesia muslim

Ben Mossad pada 01:50, 26-Apr-14

Sudahlah...kita semua agama Samawi, tak Perlu saling menyalahkan. Kita semua Menyembah dengan satu Tuhan Yang sama.... hanya saja dengan aliran yang berbeda...tirulah di Inggris, Islam, Christ, dan Jew.... Rukun damai dan gak ada Konflik...masa gara gara beda aja kita tak bisa Satu??? Torah itu Mulia, Bible itu Gagah, Qur'an itu Harmony.....sudah cukup kawan. jangan mempermasalahkan Agama lagi

fachry m zain#NAZI pada 07:29, 28-Apr-14

bismillah.saya hanya memasukan pendapat saya ke komentar ini,bahwa nazi sebenarnya bisa membunuh semua orang yahudi yang senangnya bersembunyi..tapi nazi juga sbenarnya ingin menyisakan para yahudi ini sehingga kita tau bagaimana yahudi itu..orang2 kristen bahkan bodoh membela org yahudi.pdhl org yahudi sndiri sering mengolok2 yesus..maka sebenarnya keinginan saya,,nazi bisa hadir lagi di dunia dan menghapus semua umat yahudi yg masih tersisa di dunia ini..

YEHUDA_#WHITE_LION pada 04:53, 09-Jun-14

MAKILAH KALIAN SEPUASNYA
TAPI ALQURAN KOK JIPLAK
RAJA SAUL,DAUD,SALOMO kok dibilang Nabi..? mereka lahir di ISRAEL bukan di Arab ....
aturan sunat dan makan halal dan haram pun Muhammad jipalak dari Taurat Musa.
kalian sendiri menceritakan kekalahan Agama kalian (mesir memperbudak ISRAEl tapi ALLAH membebaskannya dan tentara mesir banyak yang mati terendam di laut wkwkwkwkkw dan mesir sekarang beragama apa ? islam kan ? mayoritas
aneh saya rasakan kalian maki-maki tapi belajar tentang kemenangan dan kehebatan bangsa israel emangnya kalian pikir Musa,dan kawan2 adalah orang arab ..?
kalian pikir Saul,Salomo orang arab
Salomo= Sulaiman dia bangsa ISRAEl bukan ARAb kasihan kitab orang kok dijiplak....

yesyurun pada 06:54, 08-Jul-14

kalau hidup zaman nazi masihkah ada yang berani mengaku sebagai suku yang hilang ari Israel? sudahlah NKRI harga mati

Andre pada 06:44, 29-Nov-14

Setiap orang yang percaya kepada Adonai YESHUA(TUHAN YESUS) adalah orang Israel

Ditto pada 13:48, 11-Des-14

Ini yang perlu diluruskan,,
Kami,umat Muslim,ga membenci kaum Yahudi,,
Kami cuma memusuhi Zionis Israel yang mendzolimi saudara kami sesama Muslim di Palestina,,
Soal silsilah,,
Yahudi/Jew dan semua ras manusia di dunia muncul melalui Nabi Ibrahim Alaihissalaam,,
Detilnya,,silakan Googling,,
Israel muncul dari keturunan Nabi Yakub,,
Googling...

smile

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar